Mereview Buku David Goldbatt

“THE HUBBLE PHOTOGRAPHS AS AESTHETIC OBJECTS”

Setelah saya membaca sub bab dari buku David Goldbatt – Aesthetic dengan tema sub bab “The Hubble Photographs as Aesthetic Objects” saya menjadi tahu mengenai hubble dan nebula.

Hubble yaitu teleskop ruang angkasa sedangkan nebula adalah awan tipis gas dan debu yang terjadi di ruang antar bintang. Foto foto hubble yang beredar, kita lihat dan kita ketahui sebagai nebula, ternyata telah melewati tahap tahap editing sehingga warnanya bukan merupakan warna asli dari nebula. Hal itu tidak semata-mata dilakukan tentunya. Gambar digital yang di proses ini bertujuan untuk memperjelas bayangan bentuk nebula kepada para penikmat foto foto hubble.

Saya juga mengetahui Alasan dibalik tidak memperlakukan gambar nebula cincin dan elang seperti foto liburan, foto pernikahan dan foto berita, yaitu beberapa jenis foto dimaksudkan untuk menyimpang dari cara objek yang difoto dan akan terlihat oleh mata manusia dengan tujuan tertentu. Sedangkan foto foto hubble tidak menunjukkan kepada kita apa yang akan dilihat mata manusia, tetapi (sebenarnya, akibatnya) foto-foto itu memiliki nilai pembuktian tentang apa yang difoto.

Selain itu dalam melihat foto foto hubble kekaguman dan keajaibanlah yang kita rasakan dengan melihat objek nebula elang, atau nebula cincin atau galaksi pusaran air seperti yang terlihat dalam foto. Di sub bab ini juga menceritakan mengenai half dome atau the story of the moon and half dome. Foto pillars menunjukkan nebula elang di bawah aspek ekspresif, seperti moon and half dome menunjukkan bulan dan half dome di bawah aspek ekspresif. Kualitas gambar dari kedua gambar memunculkan masalah bentuk, seperti kedalaman dan ukuran. Dan dengan demikian membangun massa visual dalam gambar yang seharusnya datar dan tidak bersuara.

Dalam kasus pillar, massa visual dibangun oleh warna, kontras dan orientasi spasial. Rasa dinamisme juga dibangun dengan menarik perhatian pada pengepulan dan pengikisan awan gas selama rentang waktu yang sangat lama.

Kesimpulan yang dapat saya ambil dari membaca sub bab ini yaitu semua foto memiliki tujuannya tersendiri dan targetnya sendiri. Beberapa foto juga dimaksudkan untuk diubah sebelum di publikasi, sedangkan foto-foto foto-foto hubble terkadang berbeda dengan aslinya karena pantulan pantulan cahaya dari sekelilingnya. Menurut saya selain digunakan dengan tujuan penelitian, foto foto hubble memang dibuat dengan tujuan memanjakan mata para penikmat foto foto nebula.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: